Muslims do not know why Valentine's day?





assalamu'alaikum ,,
akhi wa ukhti yang dirahmati Allah Swt,, 

sebelum memasuki hari valentine ,,put mau bercerita nihhh ,,
"megapa umat muslim TIDAK 
BOLEH MERAYAKAN HARI VALENTINE,,"


temen" pasti tau kan dengan tanggal 14 Pebruari ??
 setiap tahunnya merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak remaja, baik di negeri ini maupun di berbagai belahan bumi. 

maka dari itu pasti  banyak dipercaya orang sebagai hari untuk mengungkapkan rasa kasih sayang. Itulah hari valentine, sebuah hari di mana orang-orang di barat sana menjadikannya sebagai fokus untuk mengungkapkan rasa kasih sayang.

Dan seiring dengan masuknya beragam gaya hidup barat ke dunia Islam, perayaan hari valentine pun ikut mendapatkan sambutan hangat, terutama dari kalangan remaja ABG. Bertukar bingkisan valentine, semarak warna pink, ucapan rasa kasih sayang, ungkapan cinta dengan berbagai ekspresinya, menyemarakkan suasan valentine setiap tahunnya, bahkan di kalangan remaja muslim sekali pun.



Ternyata sebagai umat Islam, kita g boleh ngerayain hari Valentine     loh. Pengen tau salah satu Dalil yang mengatakan bahwa kita nggak boleh ngerayain Valentine day (karena itu bukan hari raya umat islam)..??
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertangggungjawabannya.” (Al Isra’: 36)
Rasulullah bersabda: “Kamu akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sampai mereka masuk ke dalam lubang biawak kamu tetap mengikuti mereka. Kami bertanya: Wahai Rasulullah, apakah yang kamu maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani? Rasulullah bersabda: Kalau bukan mereka, siapa lagi?” ( HR. Bukhori dan Muslim )
nah,,saya juga pengen menceritakan nihhh ,,
asal mulanya valentine itu dari mana sih ,,,
dengerin ya cerita yang satu ini,,,,,
sejarahnya berasal dari upacara ritual agama Romawi kuno. Adalah Paus Gelasius I pada tahun 496 yang memasukkan upacara ritual Romawi kuno ke dalam agama Nasrani, sehingga sejak itu secara resmi agama Nasrani memiliki hari raya baru yang bernama Valentine’s Day.

The Encyclopedia Britania, vol. 12, sub judul: Chistianity, menuliskan penjelasan sebagai berikut: “Agar lebih mendekatkan lagi kepada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari .

Keterangan seperti ini bukan keterangan yang mengada-ada, sebab rujukannya bersumber dari kalangan barat sendiri. Dan keterangan ini menjelaskan kepada kita, bahwa perayaan hari valentine itu berasal dari ritual agama Nasrani secara resmi. Dan sumber utamanya berasal dari ritual Romawi kuno. Sementara di dalam tatanan aqidah Islam, seorang muslim diharamkan ikut merayakan hari besar pemeluk agama lain, baik agama Nasrani ataupun agama paganis dari Romawi kuno.
Nah ..?? itu  sebabnya agama islam tidak boleh merayakan valentine,
sekarang temen" sesama umat muslim tau kan ??
memang hari kasih sayang cuma ada pada tanggal 14 februari doank ya????
enggak kan???
kita bisa kapan saja merayakan hari kasih sayang ,,,
setiap hari malah bagus ,,bahkan mendapatkan pahala,,,
lebih" kasih sayang kepada orang tua kita sendiri,
betul kan???
Nah, uda jelaskan kenapa sebagai umat Islam kita dilarang merayakan hari Valentine. Lagian hari kasih sayang buat kita umat islam tuh g cuma tanggal 14 februari doank. Betul g..??
Coklat, kartu ucapan, dan bunga mawar-pun bisa kita berikan pada orang yang kita sayangi tiap waktu dan tiap hari, g usah nunggu tanggal 14 februari karena kita sayang mereka tuh tiap waktu, bukan tiap tahun tanggal 14. Kita g usah terpengaruh dengan budaya yang jelas-jelas bukan berasal dari negara kita dan agama kita. G usah takut ada yang bilang  “nggak Valentine nggak seru”, tinggal bales aja dengan ” niru budaya orang laen kok seru, plagiat lu :-D “.


Coklat, kartu ucapan, dan bunga mawar-pun bisa kita berikan pada orang yang kita sayangi tiap waktu dan tiap hari, g usah nunggu tanggal 14 februari juga kan ,,?
 karena kita sayang mereka tuh tiap waktu, bukan tiap tahun tanggal 14. Kita g usah terpengaruh dengan budaya yang jelas-jelas bukan berasal dari negara kita dan agama kita. G usah takut ada yang bilang  “nggak Valentine nggak seru”, tinggal bales aja dengan ” niru budaya orang laen kok seru, plagiat lu :-D “.

nah,,,sekarang temen" tau yang sesungguhnya,,,
kenapa kita tidak boleh merayakan valentine...

kalau kita sudah tau,,hayoo,
kita sama" saling" mengetahui sesama umat muslim,,,
supaya mereka semua tau ,,
"SAMPAIKAN LAH WALAUPUN HANYA SATU AYAT",,

jazzakumullah,,
semoga bermanfaat buat akhi wa ukhti dibelahaan bumi ,,
semoga kita termasuk orang" yang dilindungi oleh Allah Swt..

wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UKHUWAH ITU???

MENGGAPA KITA WAJIB MEMBACA AL-QUR'AN?

kenali kotaku melalui dunia digital