kenali kotaku melalui dunia digital

BATAM ISLAND
  
      Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang, dengan jumlah penduduk mencapai 1.081.527 jiwa. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis.



Nah disini saya ingin mengenalkan lambang batam dan apa sih arti dari lambang batam tersebut ..



Arti Lambang Daerah :
1. Bintang, melambangkan masyarakat Batam yang religius dan Ketuhanan Yang maha Esa.
2. Keris Melayu, lambang keperkasaan dan kepahlawanan Laksamana Hang Nadim yang dapat dijadikan contoh bagi masyarakat. Lambang kebenaran berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
3. Gelombang berjumlah lima lapis, berarti kerja atau bekerjanya masyarakat kota Batam dengan dasar Pancasila, letak geografis Batam yang dikelilingi oleh laut yang berarti juga bahwa Laksamana Hang Nadim berkuasa didaratan dan lautan.
4. Perahu Dendang, yaitu perahu dalam bentuk lambing keperkasaan di laut dan penguasa wilayah.
5. Jembatan Barelang, lambang kegiatan pembangunan kota Batam yang menjembatani kemajuan perdagangan, industri, pariwisata dan alih kapal.
6. Pita berwarna merah dengan tulisan kota Batam, berarti siap menghadapi/ memasuki era baru alap/ millenium III dan kemajuan jaman.
7. Rantai, berjumlah 45 melambangkan semangat persatuan/ persaudaraan antar masyarakat kota Batam yang heterogen.

Arti Warna Lambang Daerah
a. Warna Utama
    1. Merah, berarti keberanian.
    2. Kuning, berarti keagungan.
    3. Hijau, berarti kesuburan, kemakmuran.

b. Warna Pendukung
    1.Hitam, berarti keabadian.
    2.Putih, berarti kesucian.
    3.Biru, berarti ketenangan, keluasan 
dari lambang dan arti yang terdapat dalam lambang tersebut,dapat dijelaskan bahwa batam mempunyai banyak keunggulan dan prestasi baik dalam bidang agama,ekonomi.industri,pariwisata dan masih banyak banget deh yang lainnya.

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau. Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa merupakan nadi perekonomian kota batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain.Prasarana dan sarana yang di sediakan oleh pemerintah daerah telah menjadikan Batam sebagai primadona perekonomian kepulauan Riau.
Sekarang Batam telah menjadi daerah kunjungan wisata yang paling pesat perkembangannya. Ada banyak Resort Wisata dengan Hotel mewah dan lapangan golfnya.
dengan ini kita bisa menyimpulkan bahwa bidang ekonomi dibatam itu sangat pesat,dan selalu berkeinginan untuk maju.
Batam juga termasuk pulau utama di Provinsi Kepulauan Riau.Ditetapkannya Batam sebagai daerah perekonomian telah merubah daerah ini meningkat secara besar-besaran.

Dunia pendidikan dikota batam,arus teknologi masuk dengan mudah ,tentu ini akan menjadi kebanggaan bagi orang yang menetap di kota batam,dinas pendidikan dikota batam juga mengemukakan visi yang sesuai dengan kondisi kota batam itu sendiri yaitu “terwujudnya sumber daya manusia yang beriman , bertaqwa dan berbudaya yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknolologi.
Dunia pendidikan dikota batam sangat banyak dimulai dari tingakat SD,SMP,SMK maupun Fakultas- fakultas yang ada dibatam.
Hal ini tentu saja dengan mutu yang terjamin serta kurikulum yang sesuai dengan standar nasional pendidikan di Indonesia, bahkan beberapa sekolah menerapkan standar kurikulumnya sesuai dengan kurikulum internasional dengan notabene banyaknya kalangan expatriat yang ada di Batam.
Sekolah-sekolah dilengkapi dengan keberadaan fasilitas yang memadai mulai dari arena bermain bagi Taman Kanak-kanak hingga laboraturim yang canggih dan lengkap, sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik. Perguruan Tinggi baik Universitas maupun Politeknik yang ada pun menghasilkan keluaran yang mampu dan sesuai standar kebutuhan pasar kerja.
Jumlah Sarana Pendidikan di Batam
No
Jenis
Jumlah
1
Taman Kanak-kanak
82
2
Sekolah Dasar Negeri
135
3
Sekolah Dasar Swasta
144
4
MI Negeri & Swasta
17
5
Sekolah Menengah Pertama Negeri
35
6
Sekolah Menengah Pertama Swasta
51
7
MTs Negeri & Swasta
15
8
Sekolah Menengah Atas Negeri
14
9
Sekolah Menegah Atas Swasta
17
10
MA Negeri & Swasta
11
11
Perguruan Tinggi Negeri
1
12
Perguruan Tinggi Swasta
6

Hiburan atau pun periwisata yang ada dikota batam sangat banyak . turis pun yang datang juga sangat menyukai kota batam,karena batam terdapat banyak pantai-pantainya yang indah ,kampong vietnam,pulau putri,mega wisata ocarina,mesjid agung(mesjid terbesar dikota batam), mall yang sangat banyak maupun resort yang ternama dibatam.
Nah,,sekarang kita juga dapat mengenal mesjid yang termegah ni dikota batam,
Karena batam mayoritasnya islam ,maka dari itu letaknya sangat strategis,letaknya berada ditengah-tengah kota dekat dengan batam pos,dan juga deket dengan kampus politeknik batam loh ,pokonya sangat strategis deh ,,gak perlu bingung-bingung kalau mau mencari mesjid batam ,,tinggal kunjungi aja mesjid raya batam..
Masjid Raya Batam dirancang sebagai pemenuhan kebutuhan fasilitas peribadatan untuk melayani penduduk Pulau Batam dan warga muslim di daerah Kepri. Masjid ini diharapkan dapat menjadi tempat yang representative untuk menampung kegiatan umat Islam dalam hal pendidikan, sosial, budaya mau pun syiar.
Wisata-wisata yang sering dikunjungi..
Barelang..

 

Jembatan Barelang adalah rangkaian 6 jembatan yang menghubungkan 5 pulau. Sepanjang jalan kita akan menemukan banyak pemandangan alam, dan laut yang indah. Banyak wisatawan datang kemari untuk melakukan aktivitas outdoor, olah raga atau hanya sekedar berfoto..
dan kalau sampean males ke jembatan barelang siang hari karena panas, tidak ada salahnya sampean pergi ke jembatan 1 barelang malam hari,dijamin indah banget deh .

Mega Mall Batam Center adalah salah satu mall besar yang ada di kawasan Batam Center.



Mall ini terintegrasi dengan Masjid Raya Batam Center, Batam Ferry Port, kantor walikota, Kantor DPRD, kantor BI dan dengan jarak dekat untuk menuju ke Gedung Otorita Batam dan kompleks perumahan modern Coastarina, Karena letaknya yang strategis yakni di pusat kota Batam. Karena letaknya sangat strategis banyak masyarakat batam yang mengunjungi mall tersebut .di mall ini juga terdapat hotspot dan banyak terdapat kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
gak rugi deh ..!!!
Di mall ini terdapat Hypermart dan Matahari Department Store dan Cinema XXI lohh…

Ada pun mega wisata yang indah dikota batam yaitu mega wisata ocarina yang tempatnya tidak jauh dari mega mall batam.




Ocarina sangat banyak diminati turis yang mendatang kekota batam,karena ocarina sangat dekat dengan pelabuhan internasional,bagi turis yang berlibur selalu berkunjung atau pun mampir ke mega wisata ocarina.

keunggulan dari mega wisata ocarina.


tau gak apa keunggulan dari wisata costarina ini??
banyak loh ,,terutama sperti :


1.Sky Runer Pertama

Pada acara launching Ocarina kemarin, ada pemandangan yang menarik perhatian pengunjung. Antara kagum dan heran, mereka menyaksikan penampilan enam pemuda yang terlihat asyik melakukan gerakan break dance menggunakan alat yang mirip enggrang di kakinya.

Nama alat itu adalah sky runer yang dapat digunakan untuk berakrobat. Pemakainya bisa melompat dan melayang seperti terbang, sehingga diberi nama sky runer. Alat tersebut berasal dari Shanghai, Cina dan di Indonesia hanya ada di Batam, yaitu di Ocarina.
Sky runer akan menjadi satu dari sekian permainan yang disiapkan Ocarina di samping giant wheel yang sudah tersohor. Sejak dibuka hingga sore hari saja, tercatat sekitar 2000 orang sudah menaiki giant wheel alias komidi putar tersebut. Para pengunjung rela mengantre demi melihat indahnya Kota Batam. Jangankan warga, Ahmad Dahlan juga penasaran ingin naik giant wheeel. 
Ocarina juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) loh.. karena huruf yang bertuliskan Ocarina tersebut merupakan tulisan paling besar dan bobotnya paling berat di Indonesia. Sebelumnya Coastarina --kompleks perumahan yang bersisian dengan Ocarina-- juga mendapat Rekor Muri.
luar biasa mantapnya kan batam ..
batam memang kota madani ,, dan kota yang sangat indah gak rugi deh kalau mengunjungi batam..




Karena Batam menjadi tujuan utama turis dari Singapura maka mata uang tidak menjadi masalah. Anda bisa melakukan transaksi menggunaka kedua mata uang yakni dolar Singapura dan Rupiah. Baik memakai taxi atau berbelanja, kedua mata uang ini diakui secara umum oleh masyarakat setempat.
Bagi orang-orang yang bertempat tinggal dibatam berbanggalah dengan luarbiasa indahnya batam,dan bagi turis-turis yang bingung,,berkunjung lah kebatam,karena batam sangat indah,Gak bakalan rugi kebatam dan kalian akan bertemu dengan masyarakat batam yang sangat ramah-ramah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UKHUWAH ITU???

MENGGAPA KITA WAJIB MEMBACA AL-QUR'AN?